Sunday, October 19, 2014

Aku Cinta Kamu

Ayn Rand, seorang pengarang terkenal, memiliki sepenggal kalimat indah di dalam bukunya, The Fountainhead. Kalimat itu adalah: 'To say "I love you" one must know first how to say "I"."

Bisa diterjemahkan sebagai berikut: "Sebelum mengucapkan 'aku cinta kamu', seseorang harus tahu bagaimana cara mengucapkan 'aku'.

Artinya apa? Untuk mencapai cinta sejati, sebelum kita bisa mencintai orang lain, alangkah baiknya jika kita belajar mencintai diri kita sendiri dulu. Toh, ketika kita merubah diri kita, kita sedang mengubah dunia. Hal terbaik yang kita bisa lakukan untuk orang-orang di sekitar kita adalah memperbaiki diri kita, sebab dengan menjadi lebih baik, dunia akan memiliki satu lebih sedikit orang jahat yang harus mereka hadapi. Pada dasarnya, semua perbuatan adalah perbuatan yang mulia dan perbuatan yang egois, jadinya, mengapa kita tidak menolong diri kita sendiri, untuk menolong orang lain juga? :)

Ini kata-kata Mr Eddy:
"Cintailah tiga hal terlebih dahulu:
  1. Cintailah dirimu sendiri: Ciptaan Tuhan yang terdekat dari dirimu. Kamu bukan manusia sembarangan, ciptaan Tuhan.  Inilah cinta yang tanpa batas
  2. Kemudian, cintailah sebab kamu dilahirkan di dunia. Orangtuamu, itulah cinta yang sangat tulus.
  3. Dengan mencintai diriku, aku belajar mencintai orang lain. Ini barulah cinta sejati. Jadi kamu harus mencintai dirimu dulu, baru bisa di share kepada orang lain, yang layak mendapatkan cinta sejatiku.."
Tentang mencintai diri sendiri:
"Aku belajar mencintai diriku. Setelah berkomitmen baru dilihat. Aku komit ke diriku sendiri.Cinta itu segala-galanya. Cinta itu everything. I love my school, education pun selesai dengan cepat. Aku cinta kerjaanku, eh duit ngalir kayak kencing. Cinta itu semangat yang tidak bisa dipatahkan, karena mencintai dirimu adalah mencintai penciptamu! Body, mind, soul, ciptaan Tuhan! Dengan mencintai dirimu kamu mencintai Tuhan. Tanpa batas."

Kemudian, tentang mencintai orangtua, Mr Eddy sendiri percaya bahwa surga berada di telapak kaki ibunya.. Beliau saja sampai sujud, menyembah, sungkem terhadap ibunya, mohon ampun dan minta restu beliau. Sebegitunyalah rasa cinta dan hormat Mr Eddy kepada ibundanya.

Terus setelah beres tiga tahap cinta itu..
"Aku ingin hidup diantara cinta yang sejati. Perpaduan dua cinta yang sejati itu. Ga takut putus cinta.. karena masih banyak yang layak mendapatkan cinta sejati dari diriku sendiri.."

Saya tidak ingin terlalu banyak menginterpretasikan kata-kata Beliau, sebab wisdom yang muncul dari kata-kata beliau ini memang sudah sangat jelas, tetapi izinkanlah saya untuk mengelaborasi tiga cinta tersebut. Tiga tahapan cinta ini sangat mirip dengan sekolah: Mencintai diri sendiri layaknya sarjana S1, mencintai orangtua layaknya master S2, dan kalau begitu mencintai orang lain adalah doktor, atau S3. Apakah itu mungkin, atau apakah itu sehat, bagi kita untuk belajar materi S3 sebelum kita mulai belajar materi S1 atau S2? Apakah kita nggak akan mengerang-erang kesulitan dan kesakitan? Sayangnya di dunia ini kebanyakan orang mulai dari menjadi "doktor cinta" padahal sarjananya aja belum beres. Makanya nggak aneh kan tingginya frekuensi tangis darah atas nama cinta? Andai mereka tahu lebih baik.. hehehe ;)

Salam Rahayu,

7 comments:

  1. saya harus selesein S2 saya brrti itu tahapny sulit, maunya cpet pdhal lgi nahap s1 jg hehe :) s3 ngga kali ya.. :P
    -Yuu

    ReplyDelete
  2. hahahaha. saya juga kadang2 ngerasa s2 aja susah pisan, terus pengennya langsung s3 aja. :D belajar arti cinta yaa. :)
    -T

    ReplyDelete
  3. memang perlu pengertian yg lebih ya. padahal orang terdekat, hehe. btuh proses nii nahap s2 nya hehe.
    dulu, sempet jga mikir s3 tapi, abis liat Tulisan yg kmrin dibikin Murid Edhaka, kebuka lagi. "kalau pintu yang satu tertutup yang lain akan terbuka" . mmm.. memang misteri bgt yg s3 haha.. XD

    Kalau boleh tahu, pernah sharing ttg S3 sama Master, T? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Yuu, S3 ya, Master cuma pernah bilang soal perpaduan cinta sejati yang saya kutip diatas itu.. hehe. Ada sih, soal komit mengenai mencintai sekolah dan kerja, maka akan lulus cepat dan jadi tajir. Tapi kalau yang lebih kedalam-dalamnya (atau ke aplikasinya) buat saya ya mengenai mencintai Wanita, dan itu dibahas secara menyeluruh oleh Master. Detailnya bisa dilihat di postingan paling baru :) hehehe

      -T

      Delete
    2. ga ada kata tuk ngebalas komen yg ini kawan.
      rasanya memang yuu perlu byk belajar lagi, apalagi dari takut kehilangan.. hehe.. aplikasi khususnya. mengenai soul yg bakal jd soulmate.. terlalu takut kehilangan kembali... tapi, karena uda liat postingan "wanita" jadi ngerti..

      Cinta yg murni, dimana kita bisa dan berani melepas.. tanpa pemaksaan kembali menjadi bagian dari kita.. kita kesini lahir untuk mencari cinta dan kebahagiaan..
      tapi kita lupa, khususnya yuu belum bisa memaknai apa cinta yg sesungguhnya.. hehe..

      tapi, bagaimana menurutmu kawan, apa soul yg datang kesini sudah berpasangan? penasarannya si disitu.. karena sepengetahuan yuu, soul kesini mencari kebahagiaan..

      jodoh sudah terbentuk sejak kapan? sejak awal atau karena karma..

      mungkin penasaran yuu segitu dulu kawan.. kalau ada sharing-nya, tolong yaa.. #minta.pendapat. hehe..

      Delete
    3. Haii Yuu :)

      Terimakasih pertanyaannya!

      Kata Mr Eddy, soulmate ada 2 macam: Yang pertama adalah soulmate dari kehidupan lampau (perbedaan casing masih harus dilalui dan diatasi bersama-sama), dan ada juga soulmate yang harus dibangun. Ada yang bilang, kalau jodoh maka nggak kemana, tapi saya suka jawab, kalau nggak dibangun maka nggak jodoh. Hahahahha.

      Yuu sendiri yang mana yaaa..? Saya kurang tahu deh, tanya HS Yuu aja :D

      -T

      Delete
    4. Haii Tomo :)

      Yep, terimakasih juga jawabannya.

      Ada dua ya? Yuu rasanya masih terikat yg lampau nih, tapi kalau Master ngasi tau yang ''dibangun" de. hehe..
      Tapi, keren juga yang dibangun itu yaa.. :D

      uda nanya sih, HS nya Yuu bilang cuma ketemu yg lampau ga tau bkal breng atau ngga. hohohoho.. Perlu ng-update lgi sm HS Yuu... :D

      Delete