Thursday, September 18, 2014

Esmosi

Mungkin memang secara alamiah saya orangnya sensitif/gampang tersinggung kali ya. Dan saat saya bertemu Mr Eddy, saya juga mengutarakan soal ini. Saya minta saran, bagaimana caranya supaya saya ga gampang tersinggung, ga gampang emosian. Soalnya emosi kan cape, emosi kan boros energi.

Begini kata beliau: "Kalau kamu emosian, buat nyari ide naikin ke kepala. Empati. Pertimbangkan dua arah. Gue lebih beruntung, gue lebih objektif. Ga boleh nyalahin dia. Kalo belom tau. Yang waras ngalah aja, yang gila biarin aja. Semua rasa kesel kamu kamu naikin jadi pemikiran."


Jadi disaat ada rasa kesal, marah, atau tersinggung, saya ingat kembali kata-kata pak Eddy: "Yang waras ngalah aja.."


Memang benar ya, salah satu resep hidup bahagia adalah don't take things personally atau jangan mau menjadi target makian/hinaan orang. Kalau saya sih, bakal mikir dulu:

"Dia ngomong gue goblok bener ngga ya? Dia emang tau dari mana gue goblok? Kok gue tersinggung ya? Jangan-jangan gue goblok beneran lagi.. hahaha. Apa jangan-jangan dianya yang goblok?" Sudah begitu, biasanya langsung saya lepas saja.. 99.9% masalahnya di dia kok, bukan di aku. Lah kalau aku yang salah, ya aku minta maaf, terus lanjut saja. Kalau tidak, ya dilepas saja... Jadi sekarang sudah lebih sabar, toleran, dan bahagia (karena tidak mudah tersinggung. hehe)

Oh, Pak Eddy juga pernah berkata: "Enjoy everything you come across. Kalo ngga enjoy ya di release aja coy!"

Sepertinya itu juga berlaku untuk tema ini :)

-Salam Rahayu,


No comments:

Post a Comment